Apa itu Teknik Elektro ?

Apa itu “Teknik Elektro” ? mungkin ini adalah pertanyaan bagi orang yang belum tahu mengenai teknik elektro. Ada juga yang tau elektro itu ya tentang listrik dan elektronika. ya itu emng jawaban yang umum atau kalau dulu bisa dikatakan namanya arus lemah dan arus kuat. tapi, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan,teknologi dan informasi pengertiannya menjadi lebih luas.

Awal mulanya elektro berasal dari penemuan lampu oleh thomas alfa edisson. Beliau telah melakukan ratusan percobaan untuk menemukan bahan dasar pembuat lampu. Kalau menurut saya pengertian teknik elektro secara luas adalah ilmu yang mempelajari rekayasa mengenai listrik, elektronika, telekomunikasi, komputer, kendali yang berfungsi untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari-hari. jadi tidak hanya sekedar belajar arus kuat / electrical atau arus lemah/ elektronics lagi.

Organisai internasional bidang ke-elektro-an disebut dengan IEEE (institute of electrical and electronics engineering). Organisasi ini dibentuk di amerika serikat. Di Indonesia juga ada cabang dari IEEE tersebut yaitu IEEE indonesia section. Nah, dibawah section tersebut ada yang namanya student branch (organisasi IEEE untuk mahasiswa) yang terdapat di beberapa kampus diantaranya UI, ITS,IT Telkom, ITB, dan UGM (diurutkan berdasarkan student branch yang paling awal berdiri).

Saat ini, Teknik elektro diklasifikasikan kedalam subjurusan/ peminatan walaupun sebenarnya tergantung dari kampus dimana kita berkuliah. kalau dikampus saya IT Telkom ada 5 peminatan diantaranya :

1. teknik telekomunikasi

yaitu cabang dari teknik elektro yang mempelajari tentang dunia pertelekomunikasian seperti transmisi telekomunikasi, jaringan telekomunikasi, pengolah sinyal telekomunikasi. Dari namanya aja teekomunikasi berarti berhubungan dengan komunikasi seperti handphone, satelit, penginderaan jauh. Untuk peluang kerja lulusan ini dapat bekerja di industri pertelekomunikasian dalam negeri dan luar negeri seperti telkomsel, indosat, kominfo, telkom, xl axiata, huawei, zte dan lain-lain.

2. teknik listrik

yaitu cabang dari teknik elektro yang mempelajari tentang ketenagalistrikan / energi listrik atau sumber energi yang dapat diubah menjadi listrik. Dalam teknik ini mempelajari mengenai power (sumber pembangkit listrik), transmisi ( penyaluran dari sumber energi listrik ke trafo-trafo) dan distribusi ( penayaluran listrik ke rumah-rumah, kantor-kantor). Lulusan dari jurusan ini dapat bekerja di PLN, Indonesia power, pertamina geothermal, dirjen ketenagalistrikan ESDM dan lain-lain

3.teknik komputer

yaitu cabang dari teknik elektro yang mempelajari jaringan komputer, sistem perangkat komputer, pemrograman komputer. teknik komputer ini memiliki cakupan yang cukup luas karena perkembangan dunia informasi,telekomunikasi, dan teknologi yang semakin pesat. Lulusannya dapat bekerja di perusahaan bebasis pengembangan komputer baik software dan hardware.

4.teknik kendali/kontrol

yaitu cabang elektro yang memepelajari tentang sistem kendali dengan mengunakan instrumen-instrumen perangkat elektrik dalam sistem kerjanya. Di sini biasanya mempelajari mengenai robotik, embeded system (sistem yang terpendam yang dapat bekerja secara real time), sensor, aktuator/penggerak. Di sini mempelajari kendali PLC, HMI, SCADA. Luusannya biasanya bekerja di pertambangan, perminyakan, pembangkit listrik seperti pertamina, PLN, chevron, exxon dan lain-lain

5. teknik elektronika

yaitu cabang dari teknik elektro yagn mempelajari tentang ilmu elektronika analog,elektronika digital, dan biomedis. elektroika analog lebih mempelajari komponen elektronika yang biasa digunakan sehari-hari seperti transistor, kapasitor, resistor, dan lain-lain. Elektronika digital lebih mempelajari desain IC digital menggunakan bahasa pemrograman VHDL.sedangkan biomedis(biomedical engineering) adalah ilmu yang mempelajari instrumen elektronika pada bidang medis/ kesehatan manusia seperti EKG ( elektrokardiograf),CT Scan, MRI, USG.

Nah, cukup sekian perkena kita tentang teknik elektro secara mendasar. mudah-mudahan membuka wawasan dan bermnfaat bagi kita

37 responses to “Apa itu Teknik Elektro ?

  1. Pingback: Apa itu teknik elktro? | izzullhikuzzura·

  2. Pingback: Teknik Elektro | NJ ELECTRA·

  3. Kak kalau teknik elektro univ. telkom peminatannya masih ada teknik komputer atau udh dipecah jd jurusan sendiri ya? Makasih..

  4. kak, kalo saya dikurikulum 2013 SMA kan ada pelajaran prakarya, pelajarannya itu mirip elektro, kayak buat adaptor, radio, pembangkit listrik sama alat elektronik lainnya. dari pembuatan tersebut kayaknya jarang makek ilmu fisika yang terlalu ribet, saya ndak terlalu suka fisika tapi matematika lumayan suka, saya pengen nyaari teknik kendali, pertanyaannya apakah teknik kendali itu harus pinter fisika gak? maaf ya klo kepanjangan, mhon dibales :)

    • betul, kalau dalam merangkai elektronik tidak terlalu perlu turunan rumus, karena kita hanya tinggal pakai rangkaian yang sudah ada. penggunaan rumus fisika dasar diguanakn untuk kita melakukan metode-metode baru. jadi jangan khawatir, kamu tidak perlu terlalu menguasai fisika dasar karena elektro itu terapan. bahkan ntr ketika kamu udah ngambil kendali kamu akan disuruh belajar buat program.

      • saya mau nanyak lgi kak ya:
        1. kalau kuliah elektro itu biayanya mahal gak? kayak beli komponen2 elektro gitu atau disediakan disekolah?
        2. prospek kerjanya teknik kendali/kontrol itu bagus gak?
        3. setau kakak diUNIBRA itu bagus gak teknik elektronya?
        makasi kak, maaf kalo kebanyakan soalnya biar pasti entar kalo udah kuliah :D

      • kuliah elektro kalau di negeri cukup murah de, kalau komponen tergantung mau buat apa bisa di biayai kampus kalau emang itu projek kampus. kalau teknik kendali prospeknya sangat bagus banget karena semua industri membutuhkannya. UNiBRAW elktronya bagus kok, cuma kalau mau kendali lebih bagus ITS karena mantan menteri pak nuh juga alumni elektro kendali ITS, dan beliau mengajar di sana

  5. satu pertanyaaan lgi kak, apa saja yang mesti kita kuasaain sama kita sukain kalo mau ngambil elektro khususnya kendali

  6. kak, saya tahun 2016 lulus SMA, trus saya kepengen masuk di teknik listrik, soalnya saya kepengen kerja di PLN. trus langkah2nya gmana kak?? kuliahnya dimana? ITS itu apa kak?? apakah di Telkom ada??
    bagaimana cara masuknya kak???? tolong dijelasin ya kak???

    • ITS itu institut teknologi sepuluh november, kalau mau kerja di PLN di telkom gak ada arus kuat, pilih perguruan tinggi yang ada arus kuatnya. searching aja cara masuk perguruan tinggi

  7. saya mau nanya n curhat dong kak.
    keluarga saya pengen aku ambil jurusan teknik elektro.
    saya suka matematika tapi kalo ulangan hasilx biasa2 aja.
    n kayakx bakat aku itu ada di tangan, soalx aq sangat suka tulis-menulis dan kaligrafi. tapi aku juga suka membuat karya seni. kalau fisika aku sangat suka cuman rumusx aja yg bikin pusing.

    menurut kakak, aku pantes gak yah ambil jurusan ini??
    kalo enggk, jurusan apa yg pas buat aq ini??

    ::sebelumx makasih yah atas jwbanx.. :-)

  8. Kak, prospek kerjanya elektronika sama kontrol kendali itu dimana aja ya? Terus bisa jelasin gambaran mata kuliahnya sama penjelasan yang lebih jelas?

  9. Pingback: Apa Itu Teknik Elektro ? | ABDIELLO ABDILLAH·

  10. Ka mau curhat dong, saya ga terlalu suka matematika dan fisika, tapi saya pengen ambil kuliah tek elektro? Apa kalo kuliah ambil tek elektro mesti pintar matematika dan fisika?

  11. Kk, saya baru aja ikut SBMPTN dan Alhamdulillah lewat di unsyiah Aceh, saya mau pilih elektro tapi pinginnya belajar tentang sistem kendali, nah pertanyaannya kalo fasilitas sistem kendali di fakultas (mungkin) gak terlalu memadai dan (mungkin) kalah dengan fasilitas di Univ. lain apakah akan mempangaruhi lama kuliah dan di dunia kerja ?
    Dibales ya kk :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s