Jenis-jenis Pembangkit Tenaga Listrik

PLTD

 

PLTD adalah suatu instalasi pembangkit listrik yang terdiri dari suatu unit pembangkit ( SPD ) dan sarana pembangkitan .Mesin Diesel adalah penggerak utama untuk mendapatkan energi listrik dan dikeluarkan oleh Generator . Pada mesin Diesel Energi Bahan bakar diubah menjadi energi mekanik dengan proses pembakaran didalam mesin itu sendiri.
Mesin Diesel pada saat ini sudah banyak mengalami perkembangan dalam pemakaian untuk angkutan darat dan laut, kemudian pembangkitan dalam daya kecil dan menengah bahkan sampai daya besar sudah ada yang menggunakannya.Untuk mempermudah dalam melakukan pemeliharaan Mesin Diesel para teknisi harus mempunyai dasar-dasar pengetahuan mengenai Mesin Diesel yang baik, agar setiap melakukan pemeliharaan para teknisi dapat memperlakukan setiap komponen yang berada dalam mesin, sesuai dengan konstruksinya.

Selain pemahaman tentang konstruksi mesin, sebagai dasar pengenalan mesin mau tidak mau pengetahuan tentang prinsip kerja Mesin Diesel harus dikuasai dengan baik.Dasar pengetahuan ini memudahkan untuk mengikuti setiap terjadi perkembangan tentang mesin yang semakin lama semakin dituntut lebih baik lagi dari segi kinerja, pemakaian bahan bakar, dimensi mesin, tingkat polusidan konstruksinya yang semakin kompak dan bobotnya ringan.Kemudian untuk mengatasi gangguan menjadi lebih mudah mendeteksi lebih awal akan terjadinya gangguan serta memudahkan menentukan jenis gannguan serta penanggulangannya.

 

Performance PLTD.

Performance Pusat Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dipengaruhi faktor pengoperasian Satuan Pembangkit Diesel (SPD). Untuk dapat mempertahankan/meningkatkan performance PLTD metode yang paling tepat adalah menerapkan Sistem Informasi Operasional PLTD yang mempergunakan sub sistem feedback yaitu Pola Operasi PLTD. Pola Operasi PLTD merupakan susunan Satuan Pembangkit Diesel (SPD) untuk memikul beban dasar (base load) dan beban puncak (peak load) berdasarkan tingkat keandalan dan effisiensi SPD. Dalam penyusunan Pola Operasi PLTD diperlukan analisa data-data, informasi dan pengetahuan baik interen maupun eksteren serta manajemen pengetahuan untuk memprediksi pencapaian kinerja/performance PLTD. Jadi Pola Operasi PLTD merupakan alat controlling untuk mempertahankan/memperbaiki output yaitu performance/kinerja PLTD. __ Permasalahan Pengoperasian PLTD

 

 

Permasalahan yang terjadi dalam pengoperasian PLTD adalah :

1. Pasokan lisrik dalam 24 jam (tanpa henti).

2. Permintaan (demand) energi listrik cendrung meningkat.

3. SPD cendrung mengalami penurunan kemampuan (daerating).

4. SPD beroperasi tidak pada beban yang optimal (SPD tidak beroperasi pada SFC terbaik).

5. Proses penyampaian dan penerimaan data, informasi dan pengetahuan sangat lambat.

6. Pelaksanaan pemeliharaan (overhaul) tidak tepat waktu.

7. Frekwensi start-stop SPD yang cukup tinggi merupakan kerugian bahan bakar

 

 

PLTU

 

Apa Itu PLTU?

PLTU adalah pembangkit listrik yang digerakkan oleh uap. Untuk itu, persediaan air di sekitar PLTU harus cukup. Biasanya PLTU berada di pinggir laut, walau tidak harus.

 

Adapun bangunan utama di PLTU ada tiga, yakni Boiler (perebus), Turbin (penggerak), dan Water Treatment Plant (WTP).. Adapun boiler adalah alat pemanas air sampai menjadi uap. Uap ini yang digunakan untuk memutar rotor dan membangkitkan energi listrik. Nah, uap bertekanan tinggi dari boiler digunakan untuk memutar bilah turbin yang dihubungkan dengan generator dengan bantuan poros. Poros yang berputar ini akan menghasilkan energi listrik di dalam generator.Sedangkan water treatment plant berguna untuk membersihkan air dari segala mineral, karena dapat menyebabkan korosi pada pipa-pipa boiler. Dengan alat ini, air yang mengandung lumpur akan dibuang keluar dari sistem. Seluruh material untuk bangunan-bangunan itu, didatangkan dari Cina. Adapun cara kerjanya, batubara dari tambang dikirim ke “coal hoper” dan dihaluskan sampai ukuran 5 cm. Setelah itu dikirim ke pembangkit melalui konveyor. Selanjutnya batubara dihancurkan melalui crusher, dari ukuran 50 mm menjadi paling besar 10 mm, sebelum dibakar di ruang pembakaran, untuk memanaskan air di dalam boiler sampai menjadi uap. Adapun sistem boiler CFB (Coal Fluidized Bed), yaitu batubara dicampur pasir dan limestone di boiler, baru dibakar. Fungsi pasir untuk mendistribusikan panas dan fungsi limestone untuk mengikat sulfur. CFB boiler sangat cocok untuk batubara yang mengandung sulfur hingga 0,5 persen. Teknologi CFB ini ramah lingkungan, sebagai alternatif penggunaan FGD (Fuel Gas Desulfurization), yang harganya relatif mahal, sekitar 5-7 persen dari total investasi PLTU.

 

Tenaga pembangkit listrik ada 7 jenis, yakni tenaga air, uap, nuklir, diesel, gas, surya, dan panas bumi. Dari antara ketujuh jenis pembangkit itu, PLTA tergolong paling murah. Maklum, tenaga air umumnya tak perlu dibayar lagi. Dan jika dibandingkan lagi dengan PLTG (Gas), PLTS (Surya), PLTN (Nuklir), PLTP (Panas Bumi), maka PLTU berbahan bakar batubara masih tergolong murah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keamanan diluar pagar PLTU berarti sudah aman pagar itu juga sudah dibuat berdasarkan dasar keamanan contohnya : syarat bahwa diluar pagar polusi suara tidak boleh melebihi 70 dB. maka aman bagi manusia untuk berada disitu, tidak bikin kuping rusak
juga syarat syarat yg lain, semua ada standartnya, dan disesuaikan dengan lingkungan

 

 

 

PLTMH

 

 

 

 

 

Potensi tenaga air tersebar hampir di seluruh Indonesia dan diperkirakan mencapai 75.000 MW, sementara pemanfaatanya baru sekitar 2,5 persen dari potensi yang ada. Turbin air sebagai alat pengubah energi potensial air menjadi energi torsi / putar yang dapat dimanfaatkan sebagai penggerak generator, pompa dan peralatan lain. Untuk daerah / lokasi yang mempunyai sumber energi air sangatlah menguntungkan apabila memanfaatkan teknologi turbin air.

Keunggulan :
Beberapa kelebihan dari PLTMH antara lain :

  1. Potensi energi air yang melimpah;
  2. Teknologi yang handal dan kokoh sehingga mampu beroperasi lebih dari 15 tahun;
  3. Teknologi PLTMH merupakan teknologi ramah lingkungan dan terbarukan;
  4. Effisiensi tinggi (70-85 persen).

Spesifikasi teknis :
Dengan memakai rumus di bawah ini, bisa dihitung kapasitas PLTMH sesuai dengan spesifikasinya :

P = r x g x Q x H x eff (Watt)

Sebagai contoh disini diberikan data spesifikasi teknis untuk tipe DASTEL 400CF.

DASTEL 400CF

Net Head Hnet meter 10 15 20 30 40

Debit Q m3/s 0,61 0,75 0,86 1,10 1,22

Diameter Runner Do meter 0,40 0,40 0,40 0,40 0,40

Putaran turbin N Rpm 315 386 446 546 630

Power Ps kW 42 78 119 229 338

Efisiensi h ,71 0,71 0,71 0,71 0,71

Lebar runner Bo meter 0,60 0,61 0,60 0,63 0,60

Diameter pipa Dia in 35 38 41 47 49

Selain tipe ini, telah dikembangkan pula tipe DASTEL 100,150 dan 200CF.

 

 

 

 
   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Aplikasi :
Sejauh ini, PLTMH ini telah diaplikasikan di antara lain Kampung Cibunar, Desa Pager Ageung, Tasikmalaya

 

 

 

PLTG

            Pembangkit listrik tenaga gas adalah pembangkit listrik yang menggunakan gas sebagai bahan untuk menghazilkan energy listrik untuk disalurkan terhadap beban

Berikut adalah pembangkit listrik tenaga gas yang ada di Indonesia antara lain:

  1. Propinsi Jawa Barat Terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Gas PUG AlurcanangPropinsi
  2.  Jawa Tengah Terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Gas PUG Dieng
  3. Propinsi Jawa Timur Terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Gas PUG Grati
  4. Propinsi Jawa Barat Terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Gas PUG Karnojang

Pola Operasi PLTG merupakan susunan Satuan Pembangkit Gas (SPD) dalam memikul beban dasar (base load) dan beban puncak (peak load) berdasarkan tingkat keandalan dan effisiensi SPG. Pola Operasi PLTD diperlukan analisa data-data, informasi dan pengetahuan baik interen maupun eksteren (inputan) dan manajemen pengetahuan untuk memprediksi pencapaian kinerja/performance PLTG (output), jadi Pola Operasi PLTG merupakan alat controlling untuk mempertahankan/memperbaiki output yaitu performance/kinerja PLTG. Data-data, informasi dan pengetahuan operasional, pemeliharaan dan administrasi internal maupun eksternal bulan sebelumnya, merupakan dasar analisis penyusunan Pola Operasi bulan berikutnya.Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s