Resume Kuliah Inovasi dan Kewirausahaan

Resume mata kuliah Inovasi dan kewirausahaan (20 September 2010).

 

  • Memulai berwirausaha dan mengenali peluang dan ide usaha

Dalam hal ini untuk memulai berwirausaha kita harus berpikir sekreatif mungkin untuk mendapatkan peluang dan ide usaha. Peluang dan ide usaha merupakan hal yang sangat penting untuk membuat suatu usaha. Dalam mencari ide usaha, kita juga harus memperhatikan peluang yang ada. Jangan sampai ide usaha yang kita dapatkan tidak mempunyai peluang yang bagus.

 

  • Langkah-langkah memulai berwirausaha
  1. Mengenal ide dan peluang usaha
  2. Optimalisasi potensi diri
  3. Fokus dalam usaha
  4. Berani memulai.

.

  • Sebuah ide harus mempunyai peluang. Percuma saja kalau kita mempunyai ide yang sangat brilian tetapi tidak mempunyai peluang sehingga antara kreativitas, ide, dan peluang saling berhubungan untuk menciptakan peluang berwirausaha

 

  • Langkah-langakh mencari ide

–          Mempelajari bisnis yang ada

–          Mengkaji input dan output suatu bisnis

–          Menganalisa trend populasi dan data demografi

–          Mengkaji tren ekonomi

–          Meniru dan memeodifikasi P4 (place.price,product and promotion.)

 

Resume mata kuliah Inovasi dan kewirausahaan (4 Oktober  2010).

 

 

Inovasi adalah Cara mengkreasikan dan mengimplementasikan menjadi sebuah kombinasi baru. Pada kuliah kali ini membahas mengenai “ Kebab Turki baba Rafi”.

 

Firman adalah entrepreneur muda yang sejak mahasiswa menjadi pengusaha muda yang sukses, walaupun dia tidak dapat menyelesaikan kuliah di Institut Teknologi Surabaya. Menurut beliau bekerja adalah sebagai ibadah sehingga kita ikhlas dalam mengerjakan aktivitas yang kita lakukan. Selama menjadi pengusaha, dia sering dicemooh oleh keluarganya termasuk orangtua, paman, nenek. Kedua Orang tua firman adalah pegawai negeri sipil di pemerintah kota Surabaya. Menurut orangtuanya PNS adalah zona aman untuk hidup di masa depan. Firman tidak menyerah begitu saja, dia terus berusaha mengembangkan usahanya yaitu Kebab Turki Baba Rafi.  Kebab turki berasal dari Negara kebab berasal yaitu turki dengan cita rasa yang dirancang sesuai dengan lidah orang Indonesia. Sedangkan baba rafi berasal dari nama anak pertamanya yaitu rafi yang berarti kebab turki bapak rafi.

 

Bahan dasar dari Kebabnya adalah singkong. Dia berpikir suplai singkong di daerah Yogyakarta sangat banyak. Hal ini dibuat peluang usaha untuk mengembangkan kebab miliknya. Firman memiliki prinsip bahwa hidup untuk hidup.

Dalam berwirauhasa ada hal yang harus diperhatikan yaitu:

–          Bagaimana kita berkreasi terhadap suatu produk yang kita buat sehingga menarik minat pasar adalah inti dari berwirausaha

–          Selalu berfikir setiap hal yang dilakukan akan menciptakan keberuntungan kepada entrepreneur

–          Meneliti pasar tempat kita memasarkan produk karena pasar tidak pernah bohong. Apa yang ada di pasar adalah kenyatakan yang harus kita sesuaikan dengan produk kita

 

Yang diperlukan seseorang dalam berwirausaha adalah:

–          Ide

–          Peluang

–          Inovasi

–          Kreatifitas

 

Dalam berwirausaha kita dapat memilih apakah ingin menjadi entrepreneurship (menciptakan) atau intrapreneurship( bertahan) bergatung mana peluang besar yang dapat kita mmanfaatkan.

Resume mata kuliah Inovasi dan kewirausahaan (8 November  2010).

 

          Pada kuliah inov kali ini membahas mengenai seorang entrepreneur muda bernama Uun Ainurofic yang masih duduk di bangku kuliah tingkat IV di Institut Teknologi Telkom. Beliau memiliki motto hidup sekali, bermanfaat untuk selamanya. Menurutnya saatnya yang muda untuk berkarya. Modal usahanya berawal dari Rp 20.000 dengan usaha becak kreatif lalu berubah nama menjadi Calisto yang  bergerak di bidang fotocopy, pakaian, merchandise. Kendala yang dihadapinya selama membuka usaha adalah :

–         Mencari tender clothing

–         Membagi waktu dengan calisto

–         Tantangan dari orang tua untuk serius study

 

Entrepreneur yang kedua adalah Elang Gumilang, seorang mahasiswa Institut Pertanian Bogor angkatan 2003. Beliau adalah pemenang wirausaha mandiri 2007. Dia menjadi pengusaha developer perumahan bidang property. Dari usahanya yang sukses tersebut dia memiliki 5 perumahan di daerah kabupaten Bogor. Masalah yang awal yang dihadapi adalah modal sehingga dia memanfaatkan teman dekat sebagai investor. Seorang entrepreneur harus memiliki kesamaan visi, punya aturan, dan berani mengambil resiko. Untuk menjadi entrepreneur sukses harus memiliki kiat yaitu:

–         Butuh ilmu baru dari guru baru

–         Jaga kepercayaan orang kepada kita

–         Kreadibilitas yang baik

Seorang mahasiswa memiliki pemikiran yang sederhana, suka ganti gaya, teoritis, suka menyalahkan orang lain, tidak disiplin, dan sombong. Dalam intrapreneurship ilmu dengan komposisi 70% otak, 30% gerakan, sedangkan entrepreneurship ikhtiar dengan komposisi 30% otak, 70% gerakan.

 

Resume mata kuliah Inovasi dan kewirausahaan (4 Oktober  2010).

 

Rencana Bisnis

 

            Rencana bisnis diperlukan sebelum memulai berwirausaha. Tujuan adanya rencana bisnis adalah:

–          Mengurangi resiko yang terjadi selama berwirausaha seperti rugi usaha

–          Mengetahui target yang ingin dicapai

 

Pada kuliah inov minggu ini membahas mengenai seorang mahasiswa Universitas gajah Mada. Beliau adalah mahasiswa jurusan Geografi. Banyak usaha yang telah dilakukannya diantaranya : berjualan pakaian, baju. Beliau sudah sangat terkenal dikalangan mahasiswa se angkatannya sebagai seorang pengusaha.

 

Karena berbagai hal, beliau berganti menjadi usaha mug/cangkir yang kreatif. Ide ini terpikir dari bagaimana orang yang narsis dapat menyalurkan kenarsisannya. Usaha beliau di mulai dari modal minus ( berhutang). Dalam usahanya tersebut beliau membagi 3 baian job yaitu front office, desainer, pencetak serta tim pendukung yaitu manager dan tim marketing

 

Beliau memiliki prinsip yaitu “bangkitlah dari kegagalan”. Menurutnya orang kreatif selalu ada tempat untuk berkreasi dan dalam berbisnis jangan takut berhutang.  Dalam berwirausaha kesuksesan itu tidak datang sendiri perlu ada perjuangan untuk mencapainya. Saran yang di dapat dari beliaudalam memasarkan produk baru:

–          Edukasi pasar bisnis

–          Bangun system perubahan

Resume mata kuliah Inovasi dan kewirausahaan (18 Oktober  2010).

 

          Pada kuliah inov kali ini membahas tentang seorang pengusaha yang sejak mahasiswa telah memulai karir untuk berwirausaha. Pengusaha tersebut bernama wahyu waditya. Pria tersebut berasal dari malang. Usaha beliau berawal dari mebuka usha warung internet yang menjadi awal karirnya untuk menjadi seorang wirausaha muda.

          Setelah beberapa lama wahyu berpindah ke usaha di bidang multimedia yang bergerak di bidang animasi. Usahanya tersebut diberi nama hello motion. Inspirasi usahanya tersebut adalah pengalaman yang jelek itu tidak selamanya membuat kita terpuruk.

          Lain halnya dengan mas jabrix yang bergerak di bidang makanan yang membuka outlet di sekitar kawasan kampus IT Telkom. Usaha yang dilakukan mas jabrix dapat dikatakn cukup maju karena banyak pengunjung yang datang. Persamaan jabrix dan wahyu memiliki sumber daya, sedangkan perbedaannya jabrix tidak mempunyai manajemen dan investasi yang baik.

         

Yang diperlukan dalam berwirausaha :

–         Investor

–         Sumber daya

–         manajemen

 

Resume mata kuliah Inovasi dan kewirausahaan (27 September 2010).

 

Inovasi, Kreatifitas dan perilaku inovatif

 

Inovasi adalah Cara mengkreasikan dan mengimplementasikan menjadi sebuah kombinasi baru. Tujuan dari melakukan kewirausahaan adalah untuk mencari penghidupan yang layak, dapat menciptakan lapangan kerja baru, membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran, menuangakn hobi atau ide untuk melakukan wirausaha serta mengembangkan kreatifitas yang dimiliki.

 

Dalam menciptakan dan mengembangkan inventor diperlukan:

–          Motivasi tinggi

–          Focus pada penemuan

–          Standar sukses hak paten

–          Tidak memprioritaskan moneter

–          Pendidikan tinggi

–          Lakukan sesuatu yang baru

 

Ada 2 jenis inovasi yaitu:

 

  1. Invention adalah penciptaan sesuatu yang baru sehingga menimbulkan pengetahuan baru. Invention menghasilkan produk baru

 

  1. Inovation adalah transformasi ide yang menciptakan produk baru. Inovation memperbaiki produk sebelumnya sehingga menghasilkan produk yang lebih baik.

 

Macam-macam inovasi

  1. Inovasi radikal

–          Berskala besar

–          Dilakukan ahli bidangnya

–          Dikelola oleh lembaga di bidang penelitian dan pengembangan

  1. Inovasi Inkremental

–          Berskala kecil

–          Dilakukan semua pihak terkait

Berdasarkan fungsi, inovasi dibedakan menjadi:

  1. Inovasi teknologi

Berbentuk produuk yang dihasilkan, pelayanan yang diberikan, dan proses produksi

  1. Inovasi administrasi

Berbentuk organisasi, struktur, dan social. Ada 2 dimensi yang mendasari:

  1. Kreatifitas, terdapat 3 aspek yaitu keahlian, kemampuan berfikir fleksibel dan imajinatif dan motivasi internal
  2. Pengambilan resiko

 

semua perilku yang dilakukan setiap orang adalah Perilaku inovatif  untuk menuangkan ide dan kreatifitas yang dimiliki untuk menciptakan suatu peluang.

Kreatifitas memiliki pengertian yang luas yaitu kemampuan menciptakan

–          Hubungan baru

–          Sudut pandang baru

–          Kombinasi baru

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s