Teknik Instrumentasi pada Teknik Elektro

Akhir-akhir ini banyak kita mendengar tentang peminatan instrumentasi pada teknik elektro. Banyak juga diantara kita yang masih bingung tentang pengertian dari instrumentasi pada jurusan teknik elektro. Teknik instrumentasi adalah cabang ilmu peminatan dari jurusan teknik elektro yang fokus utamanya adalah pada pengukuran yang dilakukan pada suatu sistem dengan menggunakan perangkat elektronika. perangkat elektronika ini telah dirancang desain rangkaiannya agar dapat memonitoring atau pun mengontrol suatu sistem dengan menggunakan pengontrol,sensor atau aktuator. pengontrol yang digunakan ada banyak seperti PLC,Mikrokontroler dan lain lain.

Pada jurusan teknik Fisika juga dikenal dengan namanya teknik instrumentasi, tapi instrumentasi pada teknik fisika adalah instrumentasi yang lebih luas bukan hanya pada perangkat elektronika tapi juga pada mechanikal, hidrolik, pneumatik. jadi jangakauan instrumentasi pada jurusan teknik fisika cakupannya lebih luas dari teknik elektro

Dalam kegiatan industri sangat diperlukan seorang ahli instrumentasi karena pada zaman sekarang ini banyak sistem industri menggunakan mesin kontrol otomatis karena mempunyai kelebihan diantaranya lebih akurat,presisi, tidak mudah lelah.

dari sisi peluang kerja di masa depan teknik instrumentasi akan sangat dibutuhkan mengingat kemajuan teknologi kedepannya akan lebih canggih lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s