FAQ E-Ticket

  1.     RESERVASI

Q: Bagaimana cara melakukan reservasi jika membutuhkan tiket ?

A: hanya dengan BBM / Whatsaap / Line / SMS / Telepon Tanggal dan rute, kemudian akan diinfokan harga. Bila telah cocok dengan harga maka penumpang mengirimkan data lengkap berupa : Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Nomor telepon, No identitas, Email untuk melakukan bookig tiket. Setelah di booking maka aka nada time limit pembayaran sebelum tiket di issued

2.      HARGA

Q: Kenapa harga tiket pesawat/ kereta bisa naik turun?

A: Harga tersebut bukan naik turun tetapi pada maskapai terdapat kelas yang berbeda (tiap kelas terdiri dari 7-9 seat). Harga tersebut ditentukan oleh pihak maskapai. Harga bisa naik jika pada kelas lebih murah seat telah habis. Harga bisa turun karena pada kelas tersebut tidak dilakukan issued sebelum time limitnya habis.

Contoh : Harga Jakarta-Medan 25 Maret 2013  Rp.500.000 (Class T) tersedia 2 seat. Nah setelah 2 seat yang tersisa tersebut terbooking oleh orang lain maka harga akan otomatis naik jadi Rp.549.000 (Class V)

Q: Kenapa harga tiket di agent travel bisa berbeda-beda?

A: Harga tiket di semua agen sama karena ditentukan oleh pihak maskapai langsung. Perbedaan antar agen terjadi disebabkan di suatu agen dikenakan biaya administrasi (5-20 ribu).

Jika didapati harga yg berbeda terlampau jauh, kasusnya adalah: 

Ketika anda bertanya ke agent A harga yg tersedia adalah Class T Rp.500.000 dan ketika anda bertanya ke agent B harganya Rp.549.000. hal ini disebabkan harga tiket Class T Rp.500.000 yg sebelumnya anda tanyakan telah habis.

3.      ISTILAH

Q: Apa itu booking ?

A: booking adalah proses menahan seat dulu supaya tiket yang diinginkan tidak diambil orang lain, setelah proses booking akan ada batas waktu berapa lama agan bisa menahan seat tersebut sebelum dibayar (time limit). 

Q : Apa itu issued ?

A : issued adalah proses validasi pembelian tiket yang sebelumnya sudah dibooking, setelah tiket diissued maka tiket sudah sah/valid di gunakan.

Q : Apa itu Double Booking ?

A : Double Booking adalah reservasi yang dilakukan oleh penumpang dengan maskapai yang sama menggunakan rute dan tangal keberangkatan yang sama. Hal ini menyebabkan terjadinya persamaan data walaupun reservasi dilakukan di agent yang berbeda.

Doublebooking ini SANGAT TIDAK DISARANKAN 🙂 karena jika terjadi doublebooking maka tiket yg agan booking tadi (kedua dua-nya) tidak bisa di Issued / tidak bisa terkonfirmasi karena sistem reservasi maskapai akan memblikir* doublebooking tersebut.

*tergantung kebijakan reservasi maskapai

Q : Apa itu Time limit ?

A : time limit adalah batas waktu pembayaran setelah tiket di booking. Lama time limit tergantung kebijakan maskapai, semakin dekat dengan hari penerbangan time limit juga akan semakin cepet.

Contoh: hari ini tanggal 20 Juli memesan tiket lion buat besok pagi (21 juli).Biasanya time limit setelah booking cuman 30-60 menit.

  1. 4.      SEAT

A: Apakah bisa memilih seat ketika reservasi tiket?

Q: Beberapa maskapai seperti aiarasia, citilink, mandala tiger menyediakan fitur untuk memilih tempat duduk dengan dikenakan biaya tambahan. Selain maskapai tersebut posisi duduk di tentukan pada saat check-in.

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga membantu teman-teman mengenal istilah-istilah dalam penjualan bisnis tiket online.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s