kenapa harus menjadi PNS (pegawai negeri sipil)

Image

Banyak pemuda pemudi sekrang ini enggan untuk menjadi pegawai negeri sipil dengan berbagai alasan diantaranya gaji yang kecil, gengsi, terlalu santai (tidak menantang), tidak jelas pekerjaannya, dan masih banyak lagi. Banyak orang yang sangat pesimis dengan kinerja pemerintahan kita khususnya pada pegawai negeri sipil. Padahal, Banyak sisi positif jika kita bergabung di pemerintahan, diantaranya :

1. Berkontribusi langsung kepada masyarakat luas. Kita mengetahui bahwa pemerintah berfungsi sebagai pembuat kebijakan, regulasi, aturan, dan standarisasi baik itu kementerian,lembaga, komisi, badan, dan pemerintah daerah. Coba teman-teman bayangkan jika pemuda-pemudi terbaik di negeri ini tidak bergabung di pemerintahan secara tiddak langsung akan diisi oleh orang-orang yang tidak potensial dan kompeten. Mereka akan membuat kebijakan yang kurang benar sehingga akan merugikan bangsa dan negara. Kita jangan hanya sebagai pemberi kritik/penonton, harus ikut berperan langsung sehingga apa yang kita miliki bermanfaat secara langsung bagi bangsa dan negara. Jika teman-teman bekerja di swasta, pengaruh yang teman-teman buat hanya meliputi seputar perusahaan seperti profit.

2. Peluang untuk melanjutkan studi lebih besar. Di Kementerian saya sendiri banyak menawarkan kepada pegawainya untuk terus melanjutkan sekolah. Mereka memberikan beasiswa secara cuma-cuma kepada pegawainya yang memang memiliki keinginan sekolah lagi. Untuk dana cukup mudah memdapatkannya, yang terpenting keinginan untuk sekolah lagi

3.Mencari Nafkah. Bekerja di pemerintahan sekarang cukup menjanjikan karena telah ditambah dengan tunjangan kinerja sehingga take home pay yang didapat cukup besar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

4. Masa depan lebih terjamin. Sebagai seorang pegawai negeri sispil memiliki masa depan cukup terjamin karena ketika kita pensiun sudah memiliki dana pensiun dan kemungkinan bangkrut sangat kecil dibandingkan perusahaan swasta kecuali negara mengalami perang.

Saya katakan bekerja dipemerintahan memang tidak sesulit bekerja di swasta, tetapi yang berat adalah tentang mentalitas kita karena budaya pegawai negeri sipil yang lama ada yang positif dan negatif. Jika kita terbawa oleh perubahan yang negatif, itu sangat berbahaya, makanya dibutuhkan seorang yang berkarakter. Karena jika kita tidak menguah sistem maka kita yang diubah, hanya ada 2 pilihan.

Saya mengajak para pemuda pemudi terbaik bangsa ini untuk ikut berkontribusi lansung bagi negara dan bangsa. Kalau bukan kita siapa lagi? kalau bukan sekarang kita lakukan perubahan kapan lagi?

One response to “kenapa harus menjadi PNS (pegawai negeri sipil)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s