Sejarah production oil and gas (Kontrak Bagi hasil) minyak dan gas di Indonesia

Artikel kali ini akan membahas sejarah PSC. PSC (production sharing contract/ kontrak bagi hasil) pertama kali dicetuskan oleh Ir. Soekarno. Beliau terinspirasi dari sistem pertanian di jawa, dimana petani yang mengolah lahan biasanya tidak memiliki lahan tersebut, mereka hanya sebagai pekerja. tetapi pemilik lahan mempunyai wewenang untuk menentukan lahan tersebut ditanam apa (ini berarti manajemen ada di pemilik lahan, sedangkan petani hanya sebagai pekerja). untuk hasil pertanian dilakukan dengan sistem bagi hasil yang telah disepakati.

Melalui hal tersebut, bung karno menggunakan metode tersebut pada sistem kontrak bagi hasil di Indonesia. Pemerintah sebagai manajemen yang menentukan pengembangan lokasi proyek, dimana kontraktor mengajukan POD (plan of development) dari lokasi proyek seperti metode pengeboran, produksi yang dihasilkan. untuk bagi hasilnya pemerintah dan kontraktor akan membagi berdasarkan persentase yang telah ditentukan setelah dikurangi biaya selama eksplorasi dan eksploitasi migas melalui cost recovery. Perbedaan antara kontrak karya dan kontrak bagi hasil adalah manajemen kontrak karya diatur oleh kontraktor sendiri, sedangkan manajemen kontrak bagi hasil diatur oleh pemerintah.

Indonesia adalah negara yang mencetuskan pertama kali PSC di dunia. Namun dalam penerapannnya, Pertamina belum berhasil menerapkan sistem tersebut jika dibandingkan dengan petronas di malaysia telah berhasil menerapkan sistem tersebut. Tingginya tingkat korupsi, kolusi, dan nepotisme tersebut membuat sistem tersebut gagal diterapkan di Indonesia. Indonesia memiliki banyak peraturan, tetapi masih lemah dalam penerapan. Mari kita mulai bangun budaya bersih dari diri sendiri dan lingkungan sekitar.

video kegiatan hulu migas

 

Sumber : buku mengenal pembangunan dan analisis kebijakan (widjajono partowidagno)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s