Apa itu Pembangunan berkelanjutan (sustainable development)

pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan masa kini, tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri. aspek operasional dari keberlanjutan dapat dipahami sebagai:

  • Kondisi Berkelanjutan terjadi jika manfaat dan konsumsi masyarakat tak kalah dalam jangka panjang;
  • Kondisi berkelanjutan yang terjadi ketika sumber daya alam tak kalah dalam jangka panjang;
  • Kondisi Berkelanjutan terjadi minimum stabilitas dan ketahanan ekosistem terpenuhi.

Pembangunan berkelanjutan (sustainable development) adalah hubungan antara ekonomi, sosial, dan ekologi. Dari tiga pilar, yang paling penting adalah kelestarian lingkungan. Jika ini tidak diselesaikan, maka tidak peduli seberapa keras kita mencoba pilar lainnya tidak dapat dibuat kuat karena mereka bergantung pada sistem yang lebih besar mereka hidup dalam, lingkungan. keberlanjutan lingkungan adalah tingkat terpenting dalam sumber daya terbarukan, penciptaan polusi, dan penipisan sumber daya non-terbarukan yang dapat dilanjutkan tanpa batas. Jika mereka tidak bisa berlangsung terus menerus maka mereka tidak berkelanjutan. Beberapa contoh yang lebih umum dari praktek-praktek pembangunan berkelanjutan adalah:

  • Konstruksi berkelanjutan. Rumah, kantor dan lainnya yang menggabungkan sumber daya daur ulang dan terbarukan akan lebih hemat energi dan bertahan dalam ujian waktu.
  • Rotasi tanaman. Banyak petani dan tukang kebun menggunakan metode ini sebagai cara bebas kimia untuk mengurangi penyakit dalam tanah dan meningkatkan potensi pertumbuhan tanaman mereka.
  • Perlengkapan Air. konservasi air sangat penting untuk pembangunan berkelanjutan, dan semakin banyak produk yang tersedia yang menggunakan lebih sedikit air di rumah, seperti kamar mandi, toilet, mesin pencuci piring dan sistem laundry.

Pembangunan masa depan harus menegaskan bahwa sumber daya alam dan pemanfaatan lingkungan harus dilakukan terencana, rasional, optimal, dan bertanggung jawab untuk memprioritaskan untuk kesejahteraan masyarakat, serta mempertimbangkan pelestarian enviromental untuk pembangunan berkelanjutan. Untuk memutuskan strategi pengembangan, aspek lingkungan harus digunakan pertimbangan utama.
Perserikatan bangsa-bangsa telah memutuskan 17 tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Tujuan ketujuh adalah energi yang terjangkau dan bersih. Energi adalah pusat hampir setiap tantangan besar dan peluang dunia menghadapi hari ini. Baik itu untuk pekerjaan, keamanan, perubahan iklim, produksi pangan atau meningkatkan pendapatan, akses ke energi untuk semua penting. energi berkelanjutan adalah kesempatan – itu mengubah kehidupan, ekonomi dan planet ini. energi yang berkelanjutan adalah benang yang menghubungkan pertumbuhan ekonomi, keadilan sosial, dan upaya kami untuk memerangi perubahan iklim. Energi merupakan kontributor dominan terhadap perubahan iklim, akuntansi untuk sekitar 60 persen dari total emisi gas rumah kaca global

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s